Majalah Digital Promosi Pariwisata Kabupaten Semarang




Untuk mempromosikan tempat wisata yang berada di Kabupaten Semarang dibutuhkan suatu media promosi. Salah satu media promosi tersebut antara lain melalui karya desain komunikasi visual. Karya desain komunikasi visual dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk media promosi yaitu melalui media cetak maupun media elektronik. Majalah merupakan salah satu media promosi yang sering digunakan. Dengan canggihnya teknologi saat ini, membaca majalah pun dapat dilakukan dengan praktis dan mudah dengan beralih untuk mengakses informasi dan berita melaui majalah elektronik atau yang biasa dikenal dengan majalah digital. Majalah ini adalah versi yang lebih modern dan canggih daripada majalah cetak karena format informasi dan berita yang terkandung di dalamnya telah mengalami proses digitalisasi kedalam bentuk file digital sehingga masyarakat dapat mengakses nya melalui smartphones, laptop, perangkat komputer dan juga gadgets lainnya.
Dengan menggunakan majalah digital ini promosi akan lebih mudah dilakukan. Hal tersebut dikarenakan mempublikasikan majalah digital tentu saja dapat meminimalkan biaya produksi karena majalah digital tidak memerlukan proses cetak sama sekali. Selain itu, masyarakat lebih mudah mengakses informasi dan berita melalui majalah digital dengan cara mengunduh dari internet melalui alamat web dinas kebudayaan dan pariwisata untuk dapat dijalankan lewat komputer atau gadget lain. Kelebihan lain majalah digital terdapat pada penyajiannya lebih menarik dibandingkan dengan majalah cetak biasa. Di dalam penyajian majalah digital disertakan suara-suara, video dan efek-efek yang menarik, sehingga para pembaca akan lebih tertarik untuk membacanya, selain itu informasi yang dihadirkan juga lebih detil.

Selain memiliki kelebihan majalah digital juga mempunyai beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan majalah digital dalam kegiatan promosi adalah sasaran target audiens yang terbatas. Majalah digital adalah media promosi yang menggunakan perangkat digital untuk menjalankannya seperti, komputer, i-pad, tablet PC. Akan tetapi tidak semua masyarakat mempunyai atau bisa menggunakan barang-barang elektronik pendukung majalah digital tersebut, sehingga tidak semua lapisan masyarakat bisa menggunakan majalah digital. Namun dengan perkembangan teknologi yang saat ini merambah ke berbagai kalangan masyarakat, media berupa majalah digital ini bisa menjadi sebuah media alternatif yang potensial untuk digunakan selama beberapa kurun waktu ke depan. Selain itu pihak dinas pariwisata dan kebudayaan mempunyai beberapa strategi promosi, diantaranya mengadakan pameran –pameran, program-program road show dan family trip sehingga majalah digital ini akan menjadi media pendukung presentasi yang efektif untuk mensukseskan kegiatan promosi tersebut.


Comments

Popular Posts